9 Kelebihan Kayu Jati Pada Pintu Kupu Tarung yang Wajib Anda Tahu

Para desainer dari zaman dahulu hingga sekarang selalu berlomba-lomba dalam menghadirkan produk yang mampu bersaing dan berkualitas. Salah satu produk yang cukup unggul untuk hunian rumah adalah pintu kupu tarung. Sama halnya dengan pintu pada umumnya, kupu tarung juga terbuat dari bahan dasar kayu, tentunya juga kayu yang berkualitas ya seperti kayu jati.

Sesuai dengan namanya kupu tarung, bentuk dari model pintu ini menghadirkan dua belah pintu yang disatukan dengan satu kusen. Di atasnya juga terdapat ornamen ukiran dari kayu sehingga semakin terlihat cantik. Karena banyak konsumen yang menyukai ornamen tahan lama, maka jenis kayu jati cukup banyak digunakan pada proses pembuatan pintu ini.

9 Kelebihan Kayu Jati Pada Pintu Kupu Tarung yang Wajib Anda Tahu

Kira-kira apa saja sih kelebihan kayu jati? Mengapa banyak sekali orang memilihnya untuk dijadikan beberapa perabotan dan aksen rumah seperti kupu tarung? Nah, untuk menjawab semua rasa penasaran tersebut, berikut adalah beberapa ulasan singkat mengenai kelebihan dan pintu kupu tarung yang menggunakan kayu jati:

  1. Kokoh

Keistimewaan pertama dari pintu kupu tarung berbahan kayu jati adalah sangat kuat dan kokoh. Kepadatan bahan dasar pintu ini menjadikannya sangat kuat dan juga tahan banting. Bahkan rayap saja tidak suka memakan kayu jenis ini. selain itu Anda tidak perlu merasa khawatir jika ada api menyala di sekitaran pintu, sebab kayu jati tahan dengan api.

  1. Tahan Dari Serangan Serangga

Selain memiliki urat kayu yang padat, pintu ini juga didukung dengan sifatnya yang keras dan mengandung resin. Resin pada kayu jati ini mampu mengusir semua serangga dan noda jamur yang dapat menghancurkannya.

Faktor ini juga yang mendukung umur pintu lebih awet dari pada pintu dengan bahan kayu lainnya. Dari faktor yang sama pula, pintu kupu tarung dari jati lebih unggul dari jenis serta model pintu pada umumnya.

  1. Tahan Terhadap Cuaca

Perubahan musim di Indonesia memang sering kali membuat para pemilik rumah dan perabotan sedikit khawatir. Mereka takut jika perabotan tersebut akan rusak terkena serangan cuaca yang terkadang cukup ekstrim. Namun hal ini ternyata tidak berlaku untuk pintu dari bahan jati yang mana sudah terkenal tahan terhadap berbagai macam cuaca, baik itu hujan maupun panas.

Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa pintu dari bahan kayu jati tidak hanya diletakkan di dalam rumah saja, namun juga dipakai sebagai hiasan untuk desain eksterior atau luar ruangan.

  1. Tahan Dari Pembusukan

Kayu jati memiliki urat yang sangat rapat, sehingga air yang jatuh di atasnya kesulitan untuk masuk dan pada akhirnya kayu pun tidak mudah busuk atau keropos. Selain itu, itu pintu kupu tarung kayu jati mempunyai daya tahan alami yang mana bisa membuatnya kebal dari zat asam maupun basa.

  1. Stabilitasnya Cukup Tinggi

Kelebihan lain dari kayu jati adalah memiliki stabilitas cukup tinggi. Yang dimaksud di sini adalah susunan perabotan dari kayu jati cenderung lebih awet dan sulit untuk berubah bentuk karena mengandung unsur silika di dalamnya. Unsur ini yang selalu menjadikan urat kayu jati tidak mudah melengkung atau pun mengerut.

  1. Bernilai Tinggi

Tentunya bukan hanya barang elektronik saja yang akan dijual dengan kondisi yang sudah bekas. Bahkan beberapa perabot rumah dengan bahan dasar yang berkualitas juga bisa dijual kembali dengan harga yang fantastis.

Keawetan pintu kupu tarung kayu jati akan menjadikan bentuknya selalu terlihat baru, jadi misalkan sewaktu-waktu Anda akan menggantinya dengan pintu baru, maka pintu lama masih bisa dijual dengan harga yang mahal.

  1. Proses Pembuatan Lebih Mudah

Meskipun sifat kayu jati cenderung keras dan juga kokoh ternyata lebih mudah dipotong dan dibentuk loh. Jika Anda memang sedang ingin punya pintu dengan ukuran yang indah maka kayu jati adalah solusinya. Berbeda dengan kayu pada umumnya, ukiran jati justru sangat mudah dibuat menggunakan tangan. Jadi sudah tidak heran lagi mengapa unsur estetika dari pintu ini sangat tinggi.

  1. Dapat dipadukan Dengan Besi Maupun Logam

Pintu kupu tarung jati cukup mudah untuk dipadukan dengan bahan perabotan lain seperti besi ataupun logam. Bahkan kayu jati juga bisa menjadikan bahan lainnya lebih awet. Misalkan saja besi yang mudah korosi, nah di sini kayu jati akan langsung bereaksi dengan perubahan lingkungan sehingga kadar air pada pintu juga bisa terkontrol secara baik.

  1. Massa Cukup Berat

Pintu dari jati memiliki sifat kayu yang sangat padat, sehingga menjadikan bobotnya juga lebih berat dibandingkan kayu lainnya. Hal ini tentunya akan menjadi sifat yang sangat menguntungkan bagi Anda. Sebab pada dunia perkayuan, jika beratnya semakin berat dan padat maka kayu akan semakin kuat.

Nah di atas adalah beberapa kelebihan dari bahan dasar kayu jati untuk proses pembuatan pintu rumah. Kini Anda bisa memilihnya sebagai material pintu kupu tarung rumah agar lebih awet dan juga berkelas.

Leave a Comment

error: Content is protected !!