6 Tips Rumah Minimalis Tampak Depan Dengan Batu Alam

Saat ini, keberadaan rumah minimalis memang tengah menjadi model rumah yang paling banyak diminati. Tak jarang, kebanyakan orang sudah menerapkan konsep rumah satu ini dimana Anda bisa mendirikan hunian yang nyaman seperti di perumahan dengan lahan yang tidak terlalu besar. Sehingga bagi Anda yang tinggal dikota-kota besar pilihan membangun rumah minimalis menjadi pilihan yang sesuai untuk rumah idaman bersama keluarga.

Rumah Minimalis Tampak Depan Dengan Batu Alam

Hal yang paling diperhatikan dalam membangun rumah yaitu dibagian depan. Ya, bagian rumah tampak depan ini memang menjadi point penting pada setiap rumah mengingat bagian tersebut akan memberikan kesan pertama disetiap rumah.

Biasanya para arsitek merekomendasikan beberapa tips penting dalam penerapan rumah minimalis tampak depan dengan batu alam. Dan dengan adanya batu alam ini akan memberikan kesan nyaman dan menambah suasana rumah menjadi lebih menarik.

Nah, apabila Anda ingin mempercantik bagian depan rumah Anda yuk intip beberapa pertimbangan pada rumah minimalis tampak depan dengan batu alam berikut ini :

  1. Bernilai Tinggi

Seperti diketahui bahwa batu alam sendiri merupakan salah satu produk alami dimana sifatnya ditentukan oleh jenis ikatan mineral yang terbentuk dari batu itu sendiri. Bisa dibilang, batu alam ini menjadi batu paling bagus diantara semua bahan bangunan.

Mengingat komponen batu alam adalah zat unik yang dapat digabungkan dengan bahan bangunan lainnya. Itu artinya, batu alam bukan produksi dari industry massal, melainkan memiliki asal sejarah yang berbeda dengan material bangunan lain.

  1. Variasi

Selain itu, alasan menerapkan rumah minimalis tampak depan dengan batu alam yaitu karena batu tersebut mempunyai berbagai tekstur, warna juga struktur yang unik. Pada proses finishing-nya pun menghasilkan variasi yang bisa dibilang tak terbatas. Oleh karena itu, para arsitek mempunyai pilihan luas yang akan memungkinkan tampilan juga nuansa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Bentuk Unik

Batu alam sendiri berasal dari bongkahan besar yang dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Untuk ukurannya lempengannya dibatasi dan bukan dengan dimensi yang ditentukan oleh produksinya, sehingga ukurannya juga bisa disesuaikan dengan persyaratan perencanaan.

Bahkan, tak hanya itu sebelum digunakan sebagai rumah minimalis tampak depan dengan batu alam bentuknya masih terdiri dari lempengan atau persegi panjang. Untuk mengetahui bentuk dari alam berikut beberapa tahap unik finishing pada batu alam:

  • Finishing Acid

Teknik ini memanfaatkan cairan asam tertentu pada proses pengerjaanya yang akan menghasilkan beragam tekstur menarik sesuai dengan kandungan asam yang digunakan. Dengan menggunakan teknik acid, maka batu alam bisa terlihat megkilapĀ  meskipun tekstur awalnya terlihat kasar.

  • Graveer

Untuk teknik ini dibutuhkan bantuan mesin dan juga teknik manual. Untuk rumah minimalis tampak depan dengan batu alam banyak menggunakan teknik graveer baik pada pilar, retaining wall, kolam maupun pada dindingnya.

  • Polished

Teknik poles ini akan memberikan kesan licin dan halus. Lain halnya dengan menggunakan teknik acid karena cara ini menggunakan mesin. Dan biasanya batu alam dengan teknik ini banyak diterapkan pada elemen eksterior dan juga interior bangunan.

  • Honed

Teknik ini hampir sama dengan teknik poles, namun bedanya pada hasil akhir yang terkesan blur dan doff sehingga terlihat tidak mengkilap. Untuk cara pengerjaannya tetap saja, hanya untuk teknik honed ini menggunakan mesin yang berbeda dengan teknik poles.

  1. Fleksibel

Tak hanya untuk rumah minimalis saja, bahkan keberadaan batu alam juga bisa diterapkan pada bangunan rumah dengan model kontemporer. Hal ini dikarenakan pada batu alam olahan maupun galian yang sudah dipotong tidak lagi menciptakan kesan berat, tebal dan masif. Dengan begitu beragam tekstur juga warna batu dapat memberikan kesan berbeda pada tiap rumah.

Tak hanya itu saja, bahkan tekstur kasar batu alam ini bisa divariasikan dengan logam dan kayu. Dengan ukuran dan bentuk yang tidak teratur maka batu alam tersebut bisa ditumpuk dengan pola yang sudah direncanakan yang terlihat acak namun tetap memberikan nilai artistik.

  1. Tiga Dimensi

Pada tiap batu alam yang diproduksi tentunya sudah melalui berbagai tahapan yang dapat menciptakan berbagai efek cahaya dan juga bayangan yang terlihat menarik. Dan tampilan ini akan memancarkan kekuatan sehingga rumah minimalis tampak depan dengan batu alam akan memberikan kesan tiga dimensi.

  1. Abadi

Walaupun terdapat banyak bangunan yang tidak bagus dipandang dalam jangka waktu bertahun-tahun, namun lain halnya dengan batu alam. Ya, batu alam akan memperlihatkan sisi alami yang tidak akan kehilangan sisi kecantikannya sepanjang masa.

Tak hanya itu saja, bahkan batu alam sangat mudah untuk dibersihkan dan proses pemeliharaannya pun tidak terlalu mahal. Dan dengan konstruksi dan perencanaan yang tepat maka batu alam bisa bertahan hingga ribuan tahun.

Batu alam mempunyai daya konduktivitas panas yang baik, sehingga pilihan pada rumah minimalis tampak depan dengan batu alam ini tentunya menjadi pilihan terbaik pada hunian Anda bersama keluarga.

Leave a Comment

error: Content is protected !!